Koleksi Uang

Gara-gara baca Kompas minggu tanggal 5 September kemarin. Di salah satu halamannya membahas tentang para kolektor uang kuno. Walaupun saya bukan kolektor uang kuno tetapi gini-gini saya juga punya beberpa koleksi uang kuno lho. Ya mungkin bukan bagian yang langka tapi saya sih ga pernah masalahin langka apa enggak, yang penting ada.

Beberapa koleksi favorit saya antara lain, uang kertas 25 rupiah jaman tahun 1964 yang saya punyanya masih mulus, uang 1 (ga tau mata uangnya apa) pas jaman penjajahan Jepang, uang 1/4 gulden keluaran tahun 1901 – yang merupakan koleksi tertua saya- , uang 2 1/2 cent keluaran tahun 1945 oleh Nederland Indie, dan uang bentuk donat 1 cent 1945 keluaran Nederland Indie.

Karena saya bukan kolektor maka saya ga pernah tuh mengengajakan untuk hunting uang kuno atau mengeluarkan duit buat beli uang kuno. Yang ada saya dapatnya dari ‘warisan’ bapak saya. Seingat saya dulu bapak saya itu dapat uang-uang jaman londo itu dari bapaknya.

Nih bisa dilihat beberapa koleksi saya

uang Rp 25 tahun 1964 yang ternyata zaman itu masih berbentuk kertas yang gedenya lebih besar dari uang 50 ribu zaman sekarang

ada yang tau mata uangnya apa?


Show »

kalau yang ini uang 50 sen tahun 1952

Show »

ini uang yang paling lucu, karena bentuknya kaya donat. Uang 1cent tahun 1945 keluaran Nederland Indie

Show »

My treasure, usianya sekarang berarti udah 110 tahun !!!

Selain punya koleksi uang dari Indonesia yang konon kuno, saya juga punya koleksi uang dari mancanegara. Nah yang menurut saya collectabable adalah mata uang euro. Walaupun negara uni eropa kecuali Inggris memakai mata uang yang satu yaitu euro, tetapi sebenarnya koin euro untuk tiap-tiap negara itu berbeda alias unik. Antara Italia dan Spanyaol misalnya koin 1 euronya bagian depannya sama, tetapi bagian belakangnya gambarnya beda. Hal ini lah yang membuat saya tertarik untuk mengoleksinya.

nih skrinsut koleksi euro saya. Saat ini saya baru punya dari 7 negara berbeda saja. Mungkin kalau ada kesempatan jalan-jalan ke eropa lagi, saya bisa menambah koleksi saya ini.

Show »

atas Kiri- Kanan : 1 euro tampak depan, Belanda, Jerman, Austria
bawah kiri-kanan : Perancis, Italia, Spanyol, Belgia

This entry was posted in Il Mio Diario, Spazzatura and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Koleksi Uang

  1. Prib says:

    kalau ada yg pengen beli sih saya terima aja :cd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human)

3 + 14 =
Please leave these two fields as-is:
CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco